IDENTIFIKASI CP MENJADI TP PADA MAPEL IPA

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

 MATA PELAJARAN                         : ILMU PENGETAHUAN ALAM

TAHUN PELAJARAN                      : 2022 -2023

FASE                        : D


 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

MATERI ESENSIAL

TUJUAN PEMBELAJARAN

PROFIL PELAJAR PANCASILA

ALOKASI WAKTU

KELAS/ SEMESTER

Pada akhir fase D, peserta didik mampu melakukan klasifikasi makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati, mengidentifikasi sifat dan karakteristik zat, membedakan perubahan fisik dan kimia serta memisahkan campuran sederhana.

Peserta didik dapat mendeskripsikan atom dan senyawa sebagai unit terkecil penyusun materi serta sel sebagai unit terkecil penyusun makhluk hidup, mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan serta melakukan analisis untuk menemukan keterkaitan sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tertentu (sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem pernafasan dan sistem reproduksi). Peserta didik mengidentifikasi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya, serta dapat merancang upaya- upaya mencegah dan mengatasi pencemaran dan perubahan iklim. Peserta didik mengidentifikasi pewarisan sifat dan penerapan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta mampu melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya (force), memahami hubungan konsep usaha dan energi, mengukur besaran suhu yang diakibatkan oleh energi kalor yang diberikan, sekaligus dapat membedakan isolator dan konduktor kalor

Peserta didik memahami gerak, gaya dan tekanan, termasuk pesawat sederhana. Peserta didik memahami  getaran  dan  gelombang,  pemantulan

dan pembiasan cahaya termasuk alat- alat optic sederhana yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari

Peserta didik dapat membuat rangkaian listrik sederhana, memahami gejala kemagnetan dan  kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan atau masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari- hari.

Peserta didik mengelaborasikan pemahamannya tentang posisi relatif bumi-bulan-matahari dalam sistem tata surya dan memahami struktur lapisan bumi untuk menjelaskan fenomena alam yang terjadi dalam rangka mitigasi bencana.

Peserta didik mengenal pH sebagai ukuran sifat keasaman suatu zat serta menggunakannya untuk mengelompokkan materi (asam-basa berdasarkan pH nya). Dengan pemahaman ini peserta didik mengenali sifat fisika dan kimia tanah serta hubungannya dengan organisme serta pelestarian lingkungan.

 

1.     Pengukuran

 

 

2.     Sifat dan karakteristik zat

3.     Perubahan fisika dan kimia




 

4.     Klasifikasi makhluk  hidup

5.    Interaksi antar makhluk hidup

 

 

 

6.     Suhu dan Energi Kalor

 

 

 7.     Gerak

 

8.     Gaya

 

 9.     Sistem tata surya

 

 

1.     Peserta didik dapat melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui

 

 2.     Mengidentifikasi sifat dan karakteristik zat

3.     Membedakan perubahan fisik dan kimia

 


 4.     Melakukan klasifikasi makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik

5.     Mengidentifikasi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya, serta dapat merancang upaya- upaya mencegah dan mengatasi pencemaran dan perubahan iklim

 

6.     Mengukur besaran suhu yang diakibatkan oleh energi kalor yang diberikan, sekaligus dapat membedakan isolator dan konduktor kalor

 

7.     Melakukan pengukuran ragam gerak dan gaya (force)

8.     Memahami gerak dan gaya yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari

 

9.     Mengelaborasikan pemahamannya tentang posisi relatif bumi-bulan-matahari dalam sistem tata surya

·     Bernalar kritis

·    Mandiri

 

Mandiri

Kreatif

Bernalar kritis

 

 ·    Iman dan taqwa serta akhlak mulia

·    Kemandirian

·    Bernalar kritis

 

 

     Mandiri

·    kreatif

·    Bernalar kritis

 

·    Gotong  royong

·    Bernalar kritis

 

 

 ·     Iman dan taqwa serta akhlak mulia

·     kemandirian

5 JP

 

 

18 JP

 

 

 

15 JP

 

 

 

 

 

25 JP

 

 

25 JP

 

 

 

10 JP

 

VII /1

 

 

VII /1

 

 

 

VII /1

 

 

 

 

 

VII /2

 

 

VII /2

 

 

 

VII /2

1.      Sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem pernafasan

 

 

2.      Sel

3.      Sistem organisasi kehidupan

 

 

4.      Pesawat sederhana

 

5.      Usaha dan energi

 

 

6.      Getaran dan  gelombang

 

7.      Cahaya

 

 

 

 8.      Unsur, senyawa dan campuran

 

 


9.      Lapisan bumi

1.      Peserta didik dapat melakukan analisis untuk menemukan keterkaitan sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tertentu (sistem pencernaan, sistem peredaran darah, dan sistem  pernafasan)

2.      Mendeskripsikan sel sebagai unit terkecil penyusun makhluk hidup

3.      Peserta didik dapat mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan.

 

4.      Peserta didik dapat memahami pesawat sederhana yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

5.      Peserta didik dapat memahami hubungan konsep usaha dan energi.

 

 

6.      Peserta didik dapat memahami getaran dan gelombang yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari

7.      Peserta didik dapat memahami pemantulan dan pembiasan cahaya termasuk alat- alat optic sederhana yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 8.      Peserta didik dapat mengenal pH sebagai ukuran sifat keasaman suatu zat serta menggunakannya untuk mengelompokkan materi (asam-basa berdasarkan pH nya).

9.      Peserta didik dapat memisahkan campuran sederhana


10.   Peserta didik dapat memahami struktur lapisan bumi untuk menjelaskan fenomena alam yang terjadi dalam rangka mitigasi bencana.

 

·     Bernalar kritis

·     Mandiri

 

 

 ·     Mandiri

·     Kreatif

·     Bernalar kritis

 

 ·     Mandiri

·     Gotong royong

·     Bernalar kritis

 

 


 ·     Iman dan taqwa serta akhlak mulia

·     Gotong royong

·     Kemandirian

·     Bernalar Kritis

 


 ·     Iman dan taqwa serta akhlak mulia

·     Kemandirian

·     Bernalar Kritis


  ·     Iman dan taqwa serta akhlak mulia

·     Kemandirian

·     Bernalar Kritis

·     Bergotong royong

22 JP

 

 

 

17 JP

 

 

 

 

22 JP

 

 

 

 

23 JP

 

 

 

 

 

19 JP

 

 

 

 

 

22 JP

 

VIII/1

 

 

 

  VIII/1

 

 

 

 

VIII/1

 

 

 

 

 VIII/2

 

 

 

 

 

 VIII/2

 

 

 

 

 

 VIII/2

1.     Sistem reproduksi (Manusia, Hewan dan tumbuhan)

 

 

 2.     Listrik

 

 

 

 3.     Kemagnetan

 

 

 

 4.     Pewarisan sifat

 

  

5.     Bioteknologi

 

 

 

6.     Atom dan senyawa

 

 

7.     Zat aditif dan adiktif

 

 

 

 8.     Tanah

 

 

1.      Peserta didik dapat melakukan analisis untuk menemukan keterkaitan sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tertentu (sistem reproduksi)

 

2.      Peserta didik dapat membuat rangkaian listrik sederhana

 

 

 3.      Peserta didik dapat memahami gejala kemagnetan dan   kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan atau    masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari- hari.

 

4.      Peserta didik dapat mengidentifikasi pewarisan sifat

 

  

5.      Peserta didik dapat menerapkan bioteknologi dalam  kehidupan sehari-hari.

 

6.      Peserta didik dapat mendeskripsikan atom dan senyawa sebagai unit terkecil penyusun materi serta sel sebagai unit terkecil penyusun makhluk hidup.

 

 7.      Peserta didik dapat memiliki keteguhan dalam mengambil keputusan yang benar untuk menghindari zat aditif dan adiktif yang membahayakan dirinya dan lingkungan.

 

8.      Peserta didik dapat mengenali sifat fisika dan kimia tanah serta hubungannya dengan organisme serta pelestarian lingkungan.

·     Iman dan taqwa serta akhlak mulia

·     Bernalar kritis

·     Mandiri

 

 ·     Mandiri

·     Kreatif

·     Bernalar kritis

 ·     Mandiri

·     Bernalar kritis

 


  ·     Iman dan taqwa serta akhlak mulia

·     Bernalar Kritis

 

 ·     Kemandirian

·     Bernalar Kritis

 

 ·     Mandiri

·     Kreatif

·     Bernalar kritis

 

 ·     Bernalar kritis

·     Mandiri

·     Iman dan taqwa serta akhlak mulia

        Mandiri

·     Kreatif

·     Bernalar kritis

 

25 JP

 

 

 

 22 JP

 

 

 

20 JP

 

 

15 JP

 

 

 

15 JP

 

 

 

10 JP

 

 

8 JP

 

 

 

10 JP

 

 

 

IX/1

 

 

 

 IX/1

 

 

 

 IX/1

 

 

 IX/2

 

 

  

IX/2

 

 

 

IX/2

 

 

 IX/2

 

 

 

 IX/2

 

Komentar